Dakwah Untuk Keselamatan Manusia

Ilustrasi Dakwah
Pada hakikatnya dakwah amar ma’ruf nahi mungkar adalah kunci kedamaian, keamanan, kemakmuran dan terhindarnya dari berbagai musibah dan bencana. Oleh karena itu, setiap pribadi muslim mutlak melaksanakan dakwah Islam, menegakkan kebenaran dan menentang kemungkaran. Sekecil apapun dakwah dilakukan oleh pribadi muslim itu artinya ia telah menginvestasikan sesuatu bagi tujuan-tujuan keselamatan manusia. Demikian juga sebaliknya sekecil apapun kemungkaran/kemaksiatan yang dilakukan oleh seseorang sama artinya ia telah menyebar virus kehancuran bagi keselamatan manusia. Rasulullah menjelaskan dengan penuh hikmah terhadap masalah ini dalam suatu haditsnya:

مثل القائم على حدود الله والواقع فيها كمثل قوم استهموا على سفينة فأصاب بعضهم أعلاها وبعضهم أسفلها فكان الذين في أسفلها إذا استقوا من الماء مروا على من فوقهم فقالوا لو أنا خرقنا في نصيبنا خرقا ولم نؤذ من فوقنا فإن يتركوهم وما أرادوا هلكوا جميعا وإن أخذوا على أيديهم نجوا ونجوا جميعا

Artinya :
“Permisalan orang-orang yang menegakkan batasan-batasan (syariat) Allah (beramar ma’ruf dan nahi mungkar-pen) dan orang-orang yang melanggarnya, bagaikan suatu kaum yang berbagi-bagi tempat di sebuah kapal/bahtera, sehingga sebagian dari mereka ada yang mendapatkan bagian atas kapal tersebut, dan sebagian lainnya mendapatkan bagian bawahnya, sehingga yang berada dibagian bawah kapal bila mengambil air, maka pasti melewati orang-orang yang berada diatas mereka, kemudian mereka berkata, Seandainya kita melubangi bagian kita dari kapal ini, niscaya kita tidak akan mengganggu orang-orang yang berada di atas kita. Nah apabila mereka semua membiarkan orang-orang tersebut melaksanakan keinginannya, niscaya mereka semua akan binasa, dan bila mereka mencegah orang-orang tersebut, niscaya mereka telah menyelamatkan orang-orang tersebut, dan mereka semuapun akan selamat.” (HR. Bukhari)

Fastabiqul Khairat…., Mari berdakwah untuk menyelamatkan kemanusian kita

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates